Apa itu Emulator?

Mungkin anda sering mendengarkan istilah Emulator (emu).
Apa sih emu itu?
Bagaimana cara kerjanya?

Ok, akan saya jelaskan semampu saya.

Emulator adalah program yang berfungsi untuk menirukan lingkungan/environment/'mimic' dari suatu system. Sehingga code-code system tersebut bisa dieksekusi di system lain. Bisa saya asumsikan emulator adalah layaknya sebuah translator.
Ok, kita ambil contoh Emulator PS2.
Sampai sekarang hanya ada satu emulator di dunia yang mampu memainkan game-game komersil. Yaitu PCSX2.
  • PCSX2 memungkinkan kita memainkan game PS2 d PC.
  • PCSX2 akan menirukan hardware-hardware dari PS2.
Arsitektur hardware PS2 berbeda dengan arsitektur hardware PC/Laptop kita. Nah tugas PCSX2 adalah men-translate code-code PS2 tadi ke bahasa yang dimengerti oleh PC kita (CPU -> x86 architecture). (bagi yang kuliah di jurusan IT, pelajari mata kuliah Arsitektur Komputer)
Metode translatenya ada 2 yaitu :
  1. Intepreter : Mengubah seluruh code kedalam bahasa PC kita. Metode ini sangat lamban.
  2. Recompiler : Mecompile ulang, code-code tadi disimpan di blok-blok code. Sehingga 1 code akan langsung ditranslate ke code yang dikenal PC kita. yang satu ini cukup cepat.
Mengapa Game PS2 berjalan lambat di PC padahal hardware PC lebih powerfull dibandingkan dengan hardware PS2 ?
Ya karena proses penterjemahan tadi.
Dalam CPU terdapat cycle/putaran, nah dalam PS2, code tersebut dapat dieksekusi cukup dengan satu kali cycle, tapi jika ingin dieksekusi di PC akan membutuhkan setidaknya 12X cycle.

Just For info :
EE (EMOTION ENGINE/CPU-nya PS2) speed-nya hanya 300mhz, bandingkan dengan Core2Duo anda yg 2.1 Ghz, hehe..

Source : All About Emulator 
Article by M. Dieka Rachman edited by Deo Aqli Rayyan (Indoemu)

11 Comments :

  1. cuman utk saran aja gan, tampilan blogger nya lebih enak dipandang tampilan blogger agan yang satunya = deorayyan.blogspot.com .selain enak dibaca tamppilannya keren^^. maaf jika ada salah kata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terimakasih mas masukkannya..
      iya mas, memang lagi saya pikirkan.
      saya usahakan buat tampilan yang lebih bagus dari yg sebelumnya :)

      Delete
    2. gpp gan^^. yg paling penting isinya :D. n btw, saya female jadi, panggilnya mbak aja. XD

      Delete
    3. ooohhh...
      maaf nih gak tau..
      soalnya ada temen namanya fitri (fitriansyah), cowok.
      hehehehe :D

      oke deh mbak makasih ya :)

      Delete
  2. tolong dong, aku ga bisa download harvest moon nih
    gimana caranya

    ReplyDelete
  3. thank infonya gan,
    salam sukses buat mas DEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terimakasih mas Muhammad Ahlan.
      salam sukses :)

      Delete
  4. Gan mohon pencerahan...
    ko saya sudah download emu dan crush gear tetap ga bisa.. bingung saya gan. maaf saya pemula gan. mohon pencerahan nya thanks.

    ReplyDelete
  5. nih yg mau backlink :
    http://mayahbalfast.blogspot.com/2013/07/get-free-automatic-backlinks.html

    nice post :) aku download harvestmoon nya yaa

    ReplyDelete